Firman Gus Nduru dan Pola Prima

Be the change so the change can occur.

(Jadilah perubahan, sehingga perubahan bisa terjadi)
~ Mahatma Gandhi ~

Kalimat tersebut yang harus menjadi inspirasi bagi bagi seseorang yang menginginkan perubahan, untuk melakukan sebuah perubahan maka tidak perlu menunggu siapapun untuk berubah, karena perubahan akan terjadi ketika perubahan itu kita mulai dari diri kita sendiri.

Program Pola Prima merupakan rumusan dari 6 nilai dasar dan 12 Perilaku Utama. Program ini awalnya dipandang sinis oleh rekan kerja di Kantor Cabang termasuk saya sendiri. Hal ini terjadi karena ketidaksiapan setiap individu untuk mengikuti perubahan yang berdasar pada Pola Prima. Setiap Individu di Kantor Cabang merasa nyaman dengan kondisi kerja saat itu.

Saya ingat dari tahun 2010 s.d 2011, gema pelaksanaan Program Pola Prima hanyalah rutinitas belaka tanpa mengerti dan mengharapkan maknanya. Mulai dari pembentukan Change Agent sampai dengan Change Target, pelaksanaan rapat budaya kerja, briefing setiap hari, pelafalan 6 Nilai Dasar dan 12 Perilaku Utama, mengumandangkan yel-yel corporate dengan sekencang-kencangnya dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut bergulir berjalan sebagaimana mestinya tanpa tahu kemana arahnya. Seandainya disimpulkan, maka tahun 2010 sampai dengan tahun 2011 adalah proses dimana pola prima hidup tanpa bermakna bagi pelakunya.

Tahun 2012 merupakan awal dimana Program Pola Prima benar-benar dilakukan di Bank BTN KC. Cibubur. Program Budaya Kerja adalah media yang digunakan untuk mengimplementasikan program-program tersebut. Dukungan Manajemen Kantor Cabang serta bimbingan dari Tim Pola Prima Center (terutama adanya lomba Pola Prima Award), membuat seluruh insan di Bank BTN KC. Cibubur mulai dari cleaning service sampai dengan Kepala Cabang mulai bersemangat untuk mengimplementasikan pola prima tersebut dengan harapan suatu saat kami akan memperoleh pengakuan dalam bentuk Award Pola Prima maupun Key Performance Index (KPI) Cabang terbaik.

Tahun 2012, ketika ada pembentukan Change Agent dan Change Target, manajemen pun memberikan kepercayaan kepada saya untuk menjadi salah seorang Change Agent. Awalnya ada rasa bangga terhadap penunjukan tersebut, namun saya mulai berpikir tentang beratnya menjadi seorang Change Agent. Apabila kita terjemahkan maka Change Agent adalah Agen Perubahan. Seorang agen perubahan harus bisa memberikan teladan yang benar sesuai standar kepada lingkungannya, terutama rekan Change Target (Pelaku Budaya Binaan). Apalagi yang menjadi Change Target saya adalah rekan-rekan yang notabene adalah karyawan yang sering dinas luar (Arcol dan Verifikator)  yang identik dengan sifat yang agak keras, tidak mau terikat dan kurang disiplin”.

Sejak penunjukan saya sebagai Change Target, Saya terus berusaha untuk mengubah pola pikir saya tentang Budaya Kerja Pola Prima, dari yang awalnya hanya sebuah rutinitas menjadi sebuah standar dalam bekerja. Saya mulai mengajak Change Target saya untuk berusaha mengikuti arus perubahan yang terjadi.

Ada beberapa langkah yang saya lakukan yaitu :

  1. Memberikan contoh yang baik dan benar dalam bekerja setiap hari serta aktif dalam seluruh kegiatan pola prima
  2. Mencoba mengenal lebih dekat seluruh Change Target Saya dengan sering berdiskusi santai di waktu yang tepat
  3. Mengajak seluruh Change Target Saya untuk aktif dalam melaksanakan budaya kerja Pola Prima

Saya dan Change Target saya berusaha membalikkan pandangan negatif yang menganggap bahwa kelompok kami akan susah untuk diubah, Saya dan tim saling mengingatkan bahwa saat ini harus berlaku Pola Prima. Perubahan yang kami lakukan diawali dari hal-hal yang kecil yang tanpa kita sadari mengandung nilai pola prima seperti mengikuti briefing tepat waktu, aktif dalam kegiatan kantor, meningkatkan semangat kerja, dan satu hal yang menjadi harapan bersama adalah memberi peran yang maksimal dalam kinerja Kantor Cabang. Saya masih ingat pada saat itu, ketika pertama kali team kami menjadi pemimpin briefing pagi, saya berjanji kepada Change Target saya akan mentraktir mereka apabila semuanya datang lebih awal dan memimpin briefing dengan sukses, ternyata pada hari pelaksanaan briefing, saya dan rekan saya semuanya datang 10 menit lebih awal dari jadwal yang ditetapkan, sebelum pelaksanaan briefing kami lakukan latihan briefing dulu agar briefing nantinya berjalan dengan lancar. Akhirnya briefing pun terlaksana dengan lancar dan janji saya untuk mentraktir mereka Saya tepati.

Inilah salah satu hal kecil yang harus saya lakukan untuk menyemangati Change Target Saya, berdiskusi dua arah sambil bercanda kami lakukan untuk selalu mengingatkan hal-hal kecil yang mengandung nilai-nilai pola prima. Satu tahun sudah budaya kerja pola prima telah digiatkan pelaksanaanya dan hasilnya positif, seluruh insan budaya kerja berlomba untuk mengimplementasikan nilai pola prima dalam pekerjaan sehari-hari. Saya percaya bahwa perubahan – perubahan yang kecil akan menciptakan perubahan yang besar dan pelaksanaan Budaya Kerja Pola Prima ini tidak hanya terbatas di lingkungan kerja, namun juga bisa diterapkan di keluarga maupun di kehidupan bermasyarakat.

Dampak signifikan dari pelaksanaan budaya kerja pola prima ini adalah timbulnya sifat kekeluargaan yang sangat kental diantara insan pola prima, tidak mengenal jabatan, tidak mengenal latar belakang, seluruh insan saling mendukung untuk menjadi BTN seperti yang dikumandangkan pada sebagian yel-yel yaitu Bank BTN Cibubur… Number One, Bank BTN Cibubur…. Is The Best. Salam Pola Prima.

Firman Gus Nduru

Consumer Loan Analyst

Bank BTN KC Cibubur

Leave a Reply

