Irma Rahmawati dan Pola Prima

Nama lengkap saya Irma Rahmawati, orang-orang biasa memanggil saya Irma. Saya bekerja di BTN Syariah ini sejak Tahun 2007. Saya bekerja di posisi Customer Service selama 4 tahun, sedangkan sejak Tahun 2011 hingga saat ini, saya bekerja di posisi Commercial Funding. Pada tanggal 9 dan 10 Mei 2012, saya ditunjuk pimpinan untuk menghadiri Change Agent Forum 2012 di Kantor Pusat BTN, karena Change Agent KCS Bandung sudah mutasi ke KCS Tasikmalaya. Pada acara tersebut diberikan juga penghargaan Pola Prima Award 2012. Pada saat itu saya bingung kenapa tiba-tiba ada Penghargaan Pola Prima Award, sementara saya tidak tahu apa kriteria-nya dan kapan penilaian-nya, karena saya dan teman-teman di KCS Bandung tidak memperoleh informasi tersebut dari Change Agent sebelumnya. Melihat mereka yang menjadi pemenang, dalam  hati kecil saya bertekad, “Tahun depan KCS Bandung harus jadi Juara I.”

Setelah kembali ke cabang, saya juga yang ditunjuk oleh pimpinan untuk menjadi Sekretaris KBK. Saya bingung apa yang harus saya laporkan setiap bulannya, karena cabang hanya diberikan panduan tertulis tanpa diberikan penjelasan sebelumnya. Karena saya bertekad KCS Bandung harus menjadi Juara I tahun depan, saya berusaha bertanya ke cabang lain, diantaranya KC Cirebon dan KCS Balikpapan yang sebelumnya sudah menjadi juara. Kemudian saya tanya juga ke KCS Tasikmalaya dan KCS Malang, tetapi semua jawabannya berbeda sehingga membuat saya bingung. Saya sampai kesal karena sangat ingin mengirim laporan, tapi saya tidak tahu laporan seperti apa yang harus saya kirim.

Pada Bulan September 2012, Konsultan KBK, Pak Toro datang ke KCS Bandung untuk memberikan bimbingan dan pengarahan. Awalnya saya gugup, karena tidak  pernah membuat laporan. Tapi karena konsultannya welcome, akhirnya malah saya yang menginterogasi beliau sampai 2 jam, maklumlah kalau saya sudah bicara susah berhenti. Karena saya suka kesal pada diri sendiri apabila diminta untuk mengerjakan sesuatu yang saya sendiri tidak paham, akhirnya saya tanya-tanya terkait laporan yang harus dibuat itu seperti apa. Setelah itu saya sosialisasikan ke teman-teman Change Agent yang lain.

Mulai bulan September 2012 sampai sekarang, KCS Bandung masuk Nominasi 6 Besar Pola Prima Award 2013, Alhamdulillah saya selalu konsisten dalam mengirimkan laporan. Awalnya, untuk bisa menggerakan teman-teman agar konsisten dalam  menjalankan program Budaya Kerja serta mengumpulkan laporan sangat membutuhkan perjuangan. Perubahan memang membutuhkan proses, jadi saya coba untuk bisa menikmati proses itu dengan harapan akan ada perubahan Budaya Kerja KCS Bandung ke arah yang lebih baik. Sebenarnya, perjuangan yang paling berat yang saya rasakan yaitu saya harus  menggerakan teman-teman dan atasan yang notabene secara jabatan sama dan bahkan saya berada di bawah mereka. Akan tetapi, saya ingin Budaya Kerja KCS Bandung ini bisa menjadi contoh untuk Cabang-Cabang lain. Oleh karena itu,  saya berusaha melakukan yang terbaik untuk bisa menggerakan teman-teman KCS Bandung. Pelaku Budaya yang saya libatkan di sini tidak hanya pegawai, tetapi juga outsourcing. Sampai-sampai pada Hari Kamis, 11 April 2013 saat ada verifikasi kunjungan dari HCD (saat itu yang datang Pak Rachmat) dan konsultan KBK (Bu Bril), saya sangat bangga terutama kepada teman-teman outsource, karena Pak Rachmat sampai mengatakan, “Saya sampai merinding…ISS hapal Pola Prima…Luar Biasa!”

Saya sangat bangga dengan teman-teman KCS Bandung,  karena semakin hari semakin kompak, kinerja semakin baik dan service-pun semakin memuaskan. Oleh karena itu, sekarang sudah tidak bicara lagi soal, Saya Sekretaris KBK yang harus berusaha menggerakan Budaya Kerja teman-teman di KCS Bandung, akan tetapi semua Pelaku Budaya harus mempertahankan konsistensi Budaya Kerja yang sudah berjalan semakin baik seperti sekarang. Kami sepakat bahwa menjadi Juara I adalah bonus, tujuan utamanya adalah mengubah Budaya Kerja KCS Bandung ke  arah yang lebih baik. Dikarenakan kami berpendapat apabila Budaya Kerja KCS Bandung berjalan dengan baik, maka Juara I itu akan datang dengan sendirinya tanpa perlu dicari.

Berdasarkan pengalaman satu tahun ke belakang, maka untuk Tahun 2013 ini, kami memiliki program sebagai berikut:

  • Budaya Kerja adalah tanggung jawab semua Pelaku Budaya, bukan tanggung jawab Sekretaris KBK semata. Oleh karena itu, tahun ini KCS Bandung akan membuat struktur organisasi (di luar struktur organisasi KBK) yang bertanggung jawab untuk semua kegiatan selama Tahun 2013 ini. Misalnya seksi absensi, dokumentasi, dan lainnya. Sehingga semua Pelaku Budaya di sini akan terlibat.
  • Program Kreatif Budaya Kerja yang pada awalnya berbeda-beda pada setiap Change Agent, maka untuk Tahun 2013 ini akan dibuat kegiatan yang melibatkan semua Pelaku Budaya agar kebersamaan dan kekompakannya lebih terasa.Program-program tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Family Gathering (satu tahun sekali)
  2. Outbond (dua tahun sekali)
  3. Pengajian Tahsin (dua minggu sekali setiap Hari Kamis)
  4. Pengajian Jumat (satu minggu sekali setiap Hari Jumat)
  5. Aerobic khusus wanita (satu minggu sekali setiap Hari Selasa)
  6. Badminton (satu minggu sekali setiap Hari Senin)
  7. Futsal (satu minggu sekali setiap Hari Kamis)
  8. Kantor Layanan Syariah (KLS) Gathering (satu tahun sekali)
  9. Prime Customer Gathering (satu tahun sekali)
  10. Notaris Gathering (satu  tahun sekali)Developer Gathering (satu tahun sekali)
  11. Buka Bersama Anak Yatim  (satu tahun sekali)
  12. Role Play Gabungan (satu minggu sekali)
  13. Story Telling (setiap Hari Senin dan Kamis)
  14. Khitanan Massal (satu tahun sekali)
  15. Pembacaan Hadits / Cerita Hikmah (setiap Senin dan Kamis)
  16. Sebar Takjil (Jumat minggu 1, 2, 3 saat bulan Ramadhan)

 KCS Bandung Insya Allah Bisa, Harus Bisa, Pasti Bisa, Luar Biasa !!!

Irma Rachmawati

Commercial Funding

Bank BTN KCS Bandung

Leave a Reply

