Rina Agustina dan Pola Prima

Makalah ini sengaja aku buat sebagai apresiasi rekan-rekan di Kantor Cabang Syariah Balikpapan, karena aku dianggap sebagai pelaku budaya terbaik berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan Kantor Pusat. Bangga mendengarnya, walaupun di sisi lain ada beban berat yang luar biasa di pundak ini sebagai perwakilan cabang ini ke puncak tertinggi meraih gelar perorangan sebagai Pelaku Budaya Terbaik. InsyaAllah dengan segala kerendahan hati,  keridhoan Allah SWT, keinginan ini dapat tercapai untuk menjadi yang terbaik di Indonesia, Amin ya Robbal Alamin.

Tuntutan untuk serius dan bersungguh-sungguh menjalankan Pola Prima dari level bawah setingkat Office Boy sampai ke level Branch Manager pada Organisasi sebesar ini tidaklah mudah, pasti ada yang lemah dan  kuat. Disinilah diperlukan peran manajemen dalam hal ini Branch Manager sebagai Role Model untuk terus memberikan suara hati, semangat dan motivasi tinggi agar program ini tak akan pernah kendur sampai kapanpun dan siapapun pemimpinnya. Harus diingat siapapun pemimpinnya, semangatnya harus tetap membara demi menghasilkan kinerja terbaik untuk BTN tercinta.

Kenapa Pola Prima? Bagaimana Pola Prima merasuk di jiwa?

Namaku Rina Agustina, sebelum menginjakkan kaki di Bank BTN, aku juga pernah bekerja di peruasahaan lain. Di sana aku hanya bekerja dengan jiwa dan tidak dengan hati. Rasa tidak nyaman yang kurasakan di perusahaan sebelumnya salah satunya dikarenakan tidak adanya tempat atau ajang diskusi atas masalah yang dihadapi, baik menyangkut pekerjaan maupun dengan rekan kerja sehingga tidak terciptanya kebersamaan, kenyamanan dan kekompakan di lingkungan kerja.

Banyak perbedaan yang mendasar antara budaya kerja tempat aku bekerja dahulu dengan Pola Prima yang saat ini menjadi budaya kerja di BTN. Di sini kami ciptakan lagu sebagai mars KCS Balikpapan yang juga harus kami nyanyikan setiap hari agar di setiap syairnya menyentuh jiwa dan  raga kami. Berikut syair lagu tersebut:

Bekerja cerdas tuntas  semua Demi KCS Balikpapan tercinta

Jangan lupa disiplinnya

Jangan lupa semangatnya

Maju dan sejahtera bersama

Ridho Allah yang utama

Ikhlas adalah pribadi kita

Pengabdian selamanya adalah tujuan kita

Kinerja tercapai semua bahagia

Tersentuh dan terharu mendengarnya, walaupun dinyanyikan dengan gembira, Pola Prima rasanya bukan sekedar kata-kata, rasa ini sudah begitu jadi pedoman buat kami, tanpa harus ada yang komando lagi untuk menyukseskan program dan sasaran kerja kami.

Program  kerja yang paling aku suka adalah Pengajian dan Forum Obrolan Ringan. Selain sebagai penyejuk hati juga terkait dengan pekerjaan bagaiamana kita menjalankan pekerjaan dengan  ikhlas dan niat ibadah. Di Forum Obrolan Ringan kami, juga sharing ilmu pekerjaan dan bersama-sama mencari solusi memecahkan  kendala yang sedang dihadapi untuk mencapai target.

Selain itu, juga ada program Hafalkan Pola Prima, Jalankan Start-Stop-Continue, Ceritakan Pola Prima, Tanyakan tentang Pola Prima, Rapat Budaya, Role Play, Reading Discussion,dan lainnya. Ini menjadi makanan sehari-hari aku dan teman-teman dan yang pasti harus bermuara di Kinerja Akhir Tahun dan di Tahun 2012, Alhamdulillah target-target yang menjadi impian kami masih dalam genggaman.

Pola Prima merasuk di jiwa, Pola Prima  harus menjadi budaya, yaitu kebiasaan yang didasari dengan motivasi tinggi ujung-ujungnya pasti sukses dan pada saat sudah berjalan baik InsyaAllah tinggal tunggu hasilnya pasti baik. Dengan Pola Prima kami semakin kompak dan semangat kerja cerdas untuk lebih memajukan KCS Balikpapan. Ketika semua sadar dengan posisinya masing-masing dan mengemban tugas dan tanggung jawab sepenuhnya sesuai porsi, maka semua masalah akan terselesaikan dengan baik. Event apapun yang telah dilaksanakan bersama, InsyaAllah Pola Prima harus merasuk di hati sudah bukanlah semboyan lagi, akan tetapi sudah benar-benar menjadi budaya dan dengan semangat kebersamaan mencapai mimpi BTN Syariah menjadi bank Syariah nomor satu di Indonesia.

Budaya Pola prima sudah aku rasakan manfaatnya hampir 3 tahun terakhir. Benar-benar terasa perubahannya bekerja dan di kehidupan sehari-hari terasa lebih nyaman di hati dan lebih memiliki tujuan. Hal yang lebih penting buat aku dan teman-teman yang lain adalah bagaimana seorang pemimpin mau dan mampu menjadi Role Model atau contoh teladan bagi bawahannya dan jangan hanya semboyan, tidak  hanya di perkataan akan tetapi juga ditindakan.

Pesan Moral dari Pola Prima sungguh luar biasa dan itu yang ingin kami sampaikan dari KCS Balikpapan. Sederhana programnya, tetapi konsisten melakukannya dengan spirit Man Jadda Wa Jadda harus terpatri terus di hati, dari hati.

Pola Prima Idola Kita Semua

Rina Agustina

Accounting & Control Unit  Head

Bank BTN KCS Balikpapan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s